Selasa, 15 Januari 2013

PENGERTIAN COD (Cash On Delivery)


Dalam praktek jual beli bisnis online untuk produk-produk tertentu, ada satu istilah yang sering kita dengar yakni: Cash on Delivery atau COD. Apa maksud Cash on Delivery (COD) ini? Berikut kami jelaskan untuk Anda agar tidak masuk perangkap mulut buaya si penipu jual beli online.

Pengertian Layanan Cash on Delivery (COD)

Dari akar kata "cash" dan "delivery", sebenarnya sudah bisa kita simpulkan bahwa COD adalah layanan di mana konsumen/pembeli sepakat dengan penjual untuk membayar ketika barang yang dibelinya sampai ke alamat pengiriman. Alamat ini bisa alamat rumah atau alamat kantor di mana memang Anda sedang berada di sana. Jadi tidak ada istilah "membeli kucing dalam karung". Begitu barang sudah sampai ke alamat kita, sudah kita buka, kita lihat dan lakukan tes dan sesuai yang diiklankan, maka baru kita bayar harga barang tersebut.

Semua perusahaan (toko) yang resmi dan legal tidak akan pernah menolak sistem layanan COD. Karena COD tidak merugikan mereka sama sekali. Justru toko atau perusahaan yang menolak layanan COD besar kemungkinan 1.000% adalah toko penipuan. Anda harus waspada! Karena mereka memang tidak memiliki barang tersebut jadi bagaimana bisa diantar? Otomatis mereka mengarang-ngarang cerita ini dan itu.
COD = Ada Barang Ada Uang!
Jangkauan Layanan COD

Meski COD adalah salah satu alternatif transaksi yang paling baik untuk bisnisonline, tetapi ada beberapa pengecualian yang harus dipahami. 

Pertama, COD tidak bisa melayani seluruh wilayah. Hal ini sudah jelas karena tidak mungkin barang dari Jakarta diantarkan langsung ke rumah Anda di Samarinda. Emangnya Anda mau membayar tiket pesawat PP Jakarta - Samarinda? Tentu tidak bukan? Jadi layanan COD biasanya terbatas untuk satu wilayah. Misalnya: COD hanya untuk Jakarta, COD untuk Jakarta Selatan, khusus COD wilayah Surabaya, COD hanya untuk Yogyakarta, dsb. 

Kedua, COD kadang mengenakan tambahan ongkos kirim tertentu. Hal ini wajar karena lokasi Anda sudah berada di luar jangkauan layanan COD toko atau perusahaan tersebut. Contoh: misalnya sebuah perusahaan berlokasi di Bandung dengan memberikan layanan COD Bandung. Kalau Anda masih berada di Bandung  tidak akan dikenakan biaya apapun. Namun jika Anda berada di Luar Bandung, ada kemungkinan dikenakan tambahan biaya seperti Rp 20.000 untuk diantar ke Bandung. Mungkin saja untuk ke Luar Bandung, atau luar jawa barat dikenakan tambahan biaya Rp 30.000, dst. Setiap perusahaan punya kebijakan berbeda-beda.

Jadi pastikan bahwa toko atau perusahaan tersebut memang menerima layanan COD. Jika masih satu wilayah datangi langsung toko tersebut. Pastikan juga lokasi alamat Anda sesuai dengan jangkauan layanan COD perusahaan tersebut. Jika di luar jangkauan mungkin akan dikenakan biaya tambahan untuk COD.

Nah untuk anda yg berada diwilayah Bandung dan lagi nyari-nyari produk sepakbola , silahkan bisa langsung dateng ke sebuah Toko yg menjual berbagai macam produk sepakbola di jln.Sariasih blok 3 No 11 (StworGroup) atau kunjungi website di www.stworgroup.com

34 komentar:

  1. Waaah,,,,makasih pengertiannya gan,,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. thanks gan masukan'a. tp ngmg2 terakhir'a jualan tuh? :P hahaha

    BalasHapus
  3. Kebetulan saya pengen beli Galaxy S5 bekas via OLX.co.id, saya pilih daerah Jakarta karena masih pada asli meski mereka jual Rp 5 jutaan lebih, tapi hanya beberapa penjual yang bisa mengirimkan diluar wilayah COD sisanya hanya bisa COD. Rumah saya di Bekasi, kira kira penjual yang cuma bisa COD di Jakarta kalo bisa dikirim ke Bekasi berapa biaya tambahannya?

    BalasHapus
  4. Cost on Delivery................

    BalasHapus
  5. Terimakasih,sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Terimakasih,sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  7. Terimakasih,ini benar2sangat bermanfaat sekali bagi produsen at pun konsumen...
    http://tablenovo.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Terimakasih gan sangat membantu

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. info yang sangat bermanfaat.
    doel digital penjual set top box tv digital. melayani cod dan antar ke rumah http://agensettopbox.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. sya tipa kali dengar COD pikir saya itu seperti COC ternyata...hehehe

    BalasHapus
  13. Menerangkan dengan terang
    Terima kasih

    BalasHapus
  14. Gan kalo ada yg nulis... contoh: 50 cod. Itu maksudnya apa ya...

    BalasHapus
  15. Mkasih infonya nya tentang COD

    BalasHapus
  16. lebih simpelnya Pengertian cod adalah bayar di tempat ketika kita melakukan pembelian barang secara online.. saat ini juga banyak koq marketplace yang melayani pembayaran sistem COD ini

    BalasHapus